SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) TIDAK LAGI DIGUNAKAN PADA FARIAN SUZUKI NEX

Para pengguna motor matik khususnya matik lansiran dari pabrikan berlogo “S” pasti tau istilah SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material), Yakni teknologi blok silinder dengan liner berbahan aluminium yang diformulasi khusus dan sangat tipis. Cuma terdiri dari lapisan beberapa mikron. Sehingga silinder tampak seperti tanpa liner, meski tipis tapi memiliki keunggulan, ringan, kuat dan cepat melepaskan panas pada mesin.

SCEM terbukti tangguh, lhaaa wong tukang bubut aja geleng kepala πŸ˜€ . Tapi mengapa kini suzuki tidak lagi membekali farian terbaru mereka Suzuki Nex dengan teknologi ini ?…, Sepertinya Suzuki memberikan keleluasaan bagi para speed freak yang mau menambah kapasitas mesin NEX agar lebih mudah saat di oversize. Karna penggunaan blok konvensional seperti pada farian matik produk tetangga sebelah.

Apalagi bore x stroke NEX tidak berbeda jauh dengan milik Beat, yaitu 51,0 x 55,2mm untuk Nex dan 50 x 55mm untuk Beat. Jadi klo mau naik dari 110 ke 130cc bisa menggunakan piston 54,5mm. Dan bisa menggunakan produk keluaran FIM milik Beat, tapi bisa juga dipakai oleh Nex.

Mungkin itulah kenapa Nex tidak lagi menggunakan teknologi SCEM, teknologi yang selama ini digunakan pada SPIN (rip), SKYWAVE dan SKYDRIVE, agar memudahkan mereka yg senang dengan kecepatan, untuk bisa mendongkrak power si NEX. Dan itu pula alasan mengapa menggunakan blok selinder konvensional.

Lalu menurut bro sekalian….ini kemajuan atau kemunduran ?… πŸ˜€

Iklan

23 thoughts on “SCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material) TIDAK LAGI DIGUNAKAN PADA FARIAN SUZUKI NEX

    1. hahaha…dlu pengalaman mau di boreup…tukang bubut geleng geleng, klo blok HONDA or YAMAHA saya sanggup deh πŸ˜€

  1. Tambahan, mungkin juga buat mangkas harga. Soal kekuatan tanpa SCEM ngga usah ragu, itu Shogun 110 yg belum kenal namanya SCEM aja masih mendeles. πŸ˜†

      1. saya sih terus terang aja, kalau kualitas motor Suzuki memang menurun sekarang2 inih………tapi wajar, ga menurun signifikan banget sih…..

        tapi jujur juga, kualitas rancang bangunnya juga masih diatas kompetitor, alias masih kuat dan mumpuni untuk dipakai harian maupun jarak jauh, terbukti di SJN…….

        Suzuki ga pernah maen2 bikin motor, itu yang jadi jaminan buat kita :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s