ANTARA FXR DAN GSX R150

2002_fxr150

Suzuki Fxr 150 adalah farian sport 150 Suzuki diawal era sport 4tak, lahir sekitar tahun 1997 dan pensiun di kisaran tahun 2002. Pada masa itu, sport masih menggunakan mesin 2tak yang terkenal kwenceng. Saat itu Fxr lahir, untuk menggantikan eranya 2tak, Fxr seaakan tidak memiliki lawan dikelas sport 4tak. Dibuat oleh  Lion Suzuki Motor malaysia. Memiliki nama lain atau sebutan Cybermatic Sport.

Motor ini memang jarang wara wiri dijalan, mungkin memang masanya sudah lewat lebih dari 10 tahun lalu hehehe, plus dikala itu harga Fxr terbilang muahal saat itu. Fxr dibekali dengan speedometer digital, yang kala itu mungkin blm ada motor seperti itu dikelas 150cc, lha wong R15 aja masih semi hehehe.

Swing arm belakang sudah menganut model banana style, yang mungkin saat ini blm ada yang menyamai, bahkan sang adik yang lahir kemarin di IMOS 2016, tak lain si GSX R150. Menggunakan Rangka twin spar Fxr terlihat kokoh dan berotot. Dibekali mesin berpendingin udara plus oli, dan dengan mengaplikasi teknologi Suzuki Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC), Fxr dapat memuntahkan tenaga hingga 20hp di kitiran 10000 rpm, plus berat motor yang hanya 118kg, nahhh bisa dibayangkan nehh motor larinya kayak apa. Sayangnya Fxr masih dibekali dengan ban yang berukuran kecil, karena memang saat itu, motor 150cc masih menggunakan ban dengan tapak standar sekitar 100/90 untuk roda belakang, tidak seperti motor sport 150 sekarang, dimana ban belakang bisa mengaplikasi ukuran 130/70.

Sang Fxr sampai saat ini, masih menjadi idola untuk kalangan tertentu, motor jarang yang punya hehehehe.

gsx-r150_apm_diagonal

14 tahun setelah Fxr mengakhiri masa baktinya, Suzuki memperkenalkan gacoan baru dikelas sport 150, yaitu Gsxr 150. Secara design Gsxr 150 merupakan titisan dari klan Gsxr series, terlebih Gsxr series 1000cc. Dibekali rangka twinspar kecil layaknya Suzuki Satria Fu Fi. Mesin berpendingin cairan, yang dapat memuntahkan tenaga hingga 19hp, dengan berat 126kg, hehehe lebih berat dari pada Fxr yah.

Secara penampilan Gsxr memang terlihat lebih gahar dari pada Fxr, jika saja Gsxr menggunakan part part yang dipakai Fxr, seperti rangka twinspar milik Fxr yang terlihat kokoh, dan swingarm banana stylenya Fxr, wahhhh so pasti tampilan Gsxr bakal lebih yahud. Tapi klo melihat dari tenaga maksimal yang bisa dicapai, di atas kertas Fxr masih lebih unggul dari Gsxr 150, tenaga besar plus bobot Fxr yang lebih ringan dari pada Gsxr 150.

Meskipun Fxr lebih dulu keluar, bahkan 14 tahun yang lalu setelah di discontinue, Fxr masih memiliki gigi, untuk di tancapkan  hehehehehe. Gsxr, masamu kini dan kedepannya, untuk menunjukan taring mu…huhuy.

http://www.suzukigsxrs150.com

Iklan

Penulis:

Ayah satu anak, bikers who love music so much, pegawai and bla bla bla bla

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s