KEMANA R&D MU SUZUKI ?

suzuki

Jika kita berbicara tentang pabrikan otomotif maka tidak lepas dari R&D (research and development). R&D ini biasanya yang mengembangkan produk produk baru yang akan keluar nantinya, dari mulai design, model dan tetek bengeknya produk baru, untuk dilempar kepasar nantinya.

Nah terusterang saya agak penasaran dengan pabrikan berlambang S ini, kenapa ?, belakangan ini Suzuki seperti tertinggal dari kompetitor nya, contoh simple dalam hal pengembangan motornya. Seakan Suzuki hanya berjalan ditempat saja, ketika kompetitor sudah berlomba lomba dengan sport bike baik itu dikelas sport berfairing ataupun dikelas naked Suzuki seperti tidak bergeming. Contoh lain saat ini pabrikan kompetitor sedang berlomba bermain matik 150, tapi Suzuki seperti tidak ada gerakan untuk kearah sana.

img_4976

Selasa kemarin saat menghadiri undangan makan malam bersama para rekan blogger dan petinggi Suzuki Indonesia, dikatakan oleh Bapak Itayama selaku petinggi dari Suzuki Indonesia, bahwasannya pengembangan GSX R150 memakan waktu kurang lebih 3 tahun. Wow memakan waktu yang cukup lama menurut saya pribadi.

Seperti yang diketahui siklus roda 2 dinegri kita berputar dengan cepat, setiap tahun selalu ada produk baru, ntah itu genre sport, matik ataupun bebek. Nah jika satu produk membutuhkan waktu hingga 3 tahun, apa ngak ketinggalan yah. Contohnya seperti yang dikatakan oleh Bapak Itayama, saat meriset GSX R150, mereka mengambil contoh/berpatokan pada Yamaha R15 saat itu. Nah kini R15 sudah diambang pintu brojol baru, sudah menggunakan fitur tetek bengek dengan suspensi USD. Yang pasti sekarang menjadi ancaman potensial buat sang GSX R150 .

Contoh lain saat CB150sf keluar, mereka meriset CB150 berpatokan dengan Vixion lawas kala itu. Ketika CB 150sf keluar, ternyata Vixion lightning keluar, yo keliatan perbedaanya banget toh, akhirnya CB pun diresearch ulang hingga lahir seperti generasi sekarang.

Nah gimana nehh Suzuki ?, untuk sekarang yasudahlah toh GSX R150 dan GSX S150 yang ditunggu tunggu akhirnya datang juga, setelah penantian yang cukup lama. Nah gimana untuk skutik 150 ?, pabrikan kompetitor sudah punya matik 150, Suzuki ?….apa harus menunggu lagi 3 tahun ?…Padahal dulu matik 125 Suzuki salah satu yang terdepan untuk pabrikan jepun, sekarang…..tepok jidat.

Yah semoga kedepan Suzuki mulai memikirkan R&D nya bisa total di Indonesia, seperti apa yang dikatakan oleh juragan Triatmono “jika suzuki bisa membuat produk yang ok di Indonesia, maka untuk globalnya pun pasti sukses”. Dan taklupa memperbaiki design, agar dapat mudah diterima oleh pasar. Untuk mesin, kembali seperti yang dikatakan Juragan Triatmono, there is no issues about engine, alias untuk mesin Suzuki emang paling okeh, no doubt, ngak perlu diragukan lagi kualitas Suzuki.

So R&D mutlak di Indonesia, jika Suzuki ingin bangkit lebih baik kedepannya nanti, jangan sampai konsumen menunggu terlalu lama untuk sebuah produk berkualitas. Suzuki…No Doubt.

http://www.andikadiego.com

Iklan

Penulis:

Ayah satu anak, bikers who love music so much, pegawai and bla bla bla bla

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s