SUZUKI MULAI SADAR DARI TIDUR PANJANGNYA

photo_gsx-s125al8_action_2

Jika teman teman mengikuti bagaimana perjalanan Suzuki R2 di Indonesia, maka sobat akan melihat atau mengingat bagaimana Suzuki diera akhir 90an hingga pertengahan tahun 2000an, Suzuki menjadi salah satu pabrikan yang sangat diperhitungkan. Salah satu pabrikan yang memiliki produk produk unggulan, dan memilik beberapa line up. Namun kisaran tahun 2008-2009 saat krisis menerpa, Suzuki merasakan dampaknya, turunnya penjualan hingga berimbas pada line up penjualan yang makin berkurang. Hingga kisaran tahun 2016 line up Suzuki hanya tinggal Suzuki Satria fu fi dan Suzuki Address saja, meskipun dibeberapa dealer masih memiliki line up lain layaknya Suzuki Shooter dan Suzuki Nex, itu juga stok barang sisa yang belum habis terjual.

Seiring berjalannya waktu, sepertinya Suzuki gerah juga dengan keadaan yang ada. Bagaimana tidak hanya mengandalkan penjualan Suzuki Satria fu fi dan Suzuki Address, dimana penjualan tidak lebih dari 3000 an unit, dan harus puas menjadi peringkat ke 3 dalam penjualan sepeda motor di Indonesia, setelah disalip oleh Kawasaki yang menggeser posisi Suzuki dari peringkat ke 3. Suzuki akhirnya memperkenalkan dan menjual Suzuki GSX 150 series. Dan hasilnya……penjualan moncer brayyy, dengan fiture unggulan seperti key-less ignition system hingga mesin DOHC yang sanggup meraung hingga 13000 rpm. Dan didukung dengan strategi pricing yang menggoda….GSX series berhasil menunjukan eksistensinya di ranah roda 2 di Indonesia.

motovaganza-suzuki-gsx-r125-abs-2017-3-700x357

Suzuki berusaha untuk bangkit dari tidurnya yang panjang, hampir 10 tahun sejak krisis 2008 melanda tubuh Suzuki, yang berakibat diamputasinya beberapa line up Suzuki. Tapi penantian itupun terbayarkan, kini Suzuki merasakan bagaimana penjualan GSX 150 seriesnya dapat diterima konsumen, bahkan indent menumpuk huhuy. Pabrikan kompetitor pun kini sepertinya mulai membuka mata lagi dengan kembali eksisnya salah satu pabrikan yang sudah lama tertidur itu. Suzuki kembali dengan memberikan kejutan yang bisa bikin pabrikan kompetitor gerah, secara penjualan mungkin Suzuki masih berada dibawah Honda dan Yamaha, tapi paling tidak Suzuki berhasil mendapatkan sebagian dari market share mereka. Tapi ingat Suzuki, jangan terlena hanya karena penjualan GSX series mu bisa melebihi target penjualan saat ini.

burgman_400_black_front34_facing_left

Momentum sudah didapatkan oleh Suzuki motor Indonesia, melepas sportbike 150 lewat GSX 150 series dan diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia, bebek baru meskipun wajah lama Suzuki Smash sudah dilepaskan, untuk menambah line up. Sekarang bagaimana Suzuki bisa memanfaatkan momentum dimana matic 150 atau matik gambot, atau maxi scooter dikelas 150 sedang menjadi idola baru konsumen R2 di tanah air. Jika Suzuki bisa membuat sport 150 dengan kelebihan seperti key-less dan memberikan pricing yang bisa dibilang menakutkan bagi kompetitor, kenapa ngak bisa memberikan sesuatu yang lebih produk lain kedepannya, misalnya si matic gambot 150-180cc. Dan jika moment ini bisa dimanfaatkan lagi oleh Suzuki Indonesia mungkin lewat si matic 150-180cc nya…..bukan tidak mungkin Suzuki akan kembali mendapatkan kepercayaan konsumen, seperti halnya pada produk GSX 150 seriesnya.

Pabrikan berlogo S ini pun akhirnya terbangun…..dari tidur panjangnya, dan siap memberikan kejutan bagi konsumen Indonesia, bahkan kejutan bukan hanya untuk konsumen, tapi juga kompetitor hahahaha……sekedar coretan mengisi pagi. Selamat beraktifitas sob 😀 .

Iklan

Penulis:

Ayah satu anak, bikers who love music so much, pegawai and bla bla bla bla

4 tanggapan untuk “SUZUKI MULAI SADAR DARI TIDUR PANJANGNYA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s